logo

Launching Anjungan Mandiri E-Court Pengadilan Agama Cilacap

LAUNCHING ANJUNGAN MANDIRI E-COURT PENGADILAN AGAMA CILACAP

 

Bekerja sama dengan Bank Syariah Mandiri Cabang Cilacap, pada hari Senin 15 Juli 2019 Pengadilan Agama Cilacap melaunching Anjungan Mandiri E-Court atau pendaftaran perkara secara on line. Pada anjungan mandiri tersebut tersedia seperangkat computer yang terhubung dengan internet dan scanner yang difasilitasi Bank Syariah Mandiri.

Ketua Pengadilan Agama Cilacap,  Saefuddin Turmudzy menjelaskan bahwa anjungan  ini dimaksudkan untuk memfasilitasi para advokat yang mengalami kendala saat mendaftarkan perkara secara on line karena hambatan jaringan internet di tempatnya. Dengan adanya Anjungan Mandiri ini para advokat di sela-sela menghadiri sidang di PA Cilacap bisa sambil mendaftarkan perkara secara on line.

Sebetulnya aplikasi E-Court dimaksudkan selain untuk memudahkan para advokat  dapat mendaftarkan perkara  di mana saja dan kapan saja tanpa perlu harus datang ke pengadilan, juga dalam rangka mewujudkan salah satu visi Mahkamah Agung yaitu terciptanya Peradilan yang modern berbasis Teknologi Informasi.

Menurut keluhan beberapa advokat mereka mengalami kesulitan bahkan kegagalan mendaftarkan perkara secara on line karena jaringan internet yang tidak stabil di tempatnya. Hal ini yang menyebabkan pendaftaran perkara secara E-Court di PA Cilacap masih rendah jumlahnya yakni sekitar 30 perkara, padahal program aplikasi E-Court ini sudah dicanangkan sejak setahun yang lalu.

Salah satu pengacara yang mencoba mendaftarkan perkaranya saat launching hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mengunggah beberapa dokumen yang diperlukan seperti surat gugatan, surat kuasa, berita acara sumpah advokat dan Kartu Tanda Advokat ( KTA). Namun pada saat membayar uang panjar mengalami kegagalan karena pada server Mahkamah Agung sedang diadakan maintenance jaringan antara MA dengan BSM.

Fasilitas anjungan mandiri ini mendapat sambutan sangat positif dari para pengacara dan mereka siap untuk mendaftarkan perkara secara on line dengan memanfaatkan Anjungan Mandiri E-Court yang tersedia di PA Cilacap

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cilacap
Jl. Dr. Rajiman No. 25 B, Cilacap Utara
Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Kode Pos : 53223

Telp : (0282) 533455
Fax : (0282) 533455
Email : pacilacap.401086@gmail.com