logo

Pendampingan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Agama se-koordinator Wilayah Banyumas

Pendampingan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Agama se-koordinator Wilayah Banyumas

  

    

Pengadilan Agama se-koordinator Wilayah Banyumas mendapatkan kesempatan Pendampingan Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) untuk meningkatkan kesiapan dan pematangan, serta sebagai wujud keseriusan Pengadilan Agama Tingkat Pertama di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Semarang khususnya se-koordinator wilayah Banyumas dalam meraih APM (Akreditasi Penjaminan Mutu).  Acara Pendampingan APM (Akreditasi Penjaminan Mutu) diisi oleh narasumber assessor eksternal dari Badilag Zulfikar Arif Rahman Purba,  S.H., M.M.  (Sekretaris Pengadilan Agama Wonosobo), Sutris, S.H., M.H. (Sekretaris Pengadilan Agama Pekalongan) dan Tukiran, S.H., M.M. (Panitera Pengadilan Tinggi Agama Semarang).

 

  

  

Kegiatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari tanggal 29-30 Juli 2019 bertempat di Hotel @Hom Cilacap. Peserta kegiatan ini adalah Pengadilan Agama dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah khususnya Pengadilan Agama diwilayah se-koordinator Banyumas diantaranya Pengadilan Agama Cilacap, Pengadilan Agama Banjarnegara, Pengadilan Agama Purwokerto, Pengadilan Agama Banyumas, Pengadilan Agama Purbalingga. Dari tiap Pengadilan Agama tersebut hadir dalam kegiatan ini yakni Ketua, Ketua Tim Penjaminan Mutu, Panitera, Sekretaris, Assesor dan Pengendali Dokumen serta Admin Kepaniteraan dan Kesekretariatan.

 Acara Pembukaan diawali dengan doa yang dibawakan oleh Drs. Syahrial, S.H., M.H. (Hakim Pengadilan Agama Cilacap) kemudian dilanjutkan pembukaan acara oleh Ketua Koordinator Pengadilan Agama Se-Koordinator Wilayah Banyumas Drs. H. Saefudin Turmudzy, M.H (Ketua Pengadilan Agama Cilacap) dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya acara ini di mohon untuk diikuti dengan sungguh-sungguh, sehingga Kegiatan Pelaksanaan APM di setiap Pengadilan Agama se-Korwil Banyumas dapat berjalan dengan maksimal, dan mempertahan predikat A Excellent yang sudah didapat.

  

  

 Setelah acara pembukaan oleh ketua koordinator dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan oleh Tim Pendamping APM yang dipimpin oleh Bapak Tukiran, S.H., M.M. (Panitera Pengadilan Tinggi Agama Semarang). Pembahasan yang disampaikan antara lain adalah langkah-langkah melakukan assessment dan pembimbingan kepada Pengadilan Agama dalam penyusunan dokumen master dan implementasinya, dengan metode PLOR yakni Problem, Location, Object, Reference dan format laporan APM. serta dibekali dengan format master pengisian dokumen Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Pengadilan Agama, Pedoman Assessment Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama dan Instrumen Pedoman Penilaian Sarana dan Prasarana Kantor Pengadilan Agama. Serta melakukan pendampingan dalam Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) faktor internal dan faktor eksternal  Analisa kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang nantinya dituangkan dalam IKU (Indikator Kinerja Utama) dan Renstra (Rencana Strategi ). 

     

Acara pendampingan APM (Akreditasi Penjaminan Mutu) berakhir pada hari Selasa 30 Juli 2019 diakhiri dengan bacaan “Hamdallah” oleh seluruh peserta pendampingan APM (Akreditasi Penjaminan Mutu), kemudian dilanjutkan dengan foto bersama. 

     

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cilacap
Jl. Dr. Rajiman No. 25 B, Cilacap Utara
Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Kode Pos : 53223

Telp : (0282) 533455
Fax : (0282) 533455
Email : pacilacap.401086@gmail.com