logo

Sosialisasi E-Court dan MoU

Jum’at, 21 Desember 2018 bertempat di Pengadilan Agama Cilacap, Sosialisasi E-Court dan penandatangan MoU dengan Bank Syariah Mandiri Cilacap. Ketua Pengadilan Agama Cilacap Drs. H. Rd. Mahbub Tobri, M.H. menyampaikan bahwa dengan PERMA (Peraturan Mahkamah Agung) RI Nomor 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara elektronik, yang poluler dengan nama E-Court  atau pendaftaran e-filling, pembayaran e-payment serta pemanggilan e-summon secara online, mulai diberlakukan Tahun 2019. oleh karenanya Pengadilan Agama Cilacap pada hari ini, menggelar sosialisasi E-Court yang dihadiri oleh para advokat sewilayah Cilacap, para Hakim, ASN, Bank Syariah Mandiri Cilacap.

E-Court memberi kemudahan kepada siapapun tanpa harus datang ke Pengadilan, dengan menjunjung tinggi azas sederhana, cepat dan biaya ringan. Lebih lanjut Mahbub Tobri menambahkan, sosialisasi E-Court bertujuan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di PA Cilacap untuk menerapkan E-Court yang didasari oleh Perma No. 3 Tahun 2018. Selanjutnya Branch Manager Bank Syariah Mandiri Cilacap pada sosialisasi E-Court menjelaskan bagaimana tata cara pembayaran panjara biaya perkara melalui rekening virtual bisa datang langsung ke kantor Bank, atau transfer melalui ATM, internet banking, SMS bangking, Kapan saja dan dimana saja bisa bisa dilakukan pembayaran.

Seusai sosialisasi E-Court dilanjutkan penandatangan MoU antara Pengadilan Agama Cilacap dengan Bank Syariah Mandiri Cilacap dan dilanjutkan dengan simulasi yang dipandu Ketua Satgas Jawa Tengah.

Semoga dengan berjalannya aplikasi E-Court yang merupakan salah satu produk unggulan Mahkamah Agung, semakin mempermudah para pencari keadilan di wilayah hukum Pengadilan Agama Cilacap untuk mendapatkan pelayanan yang maksimal serta mewujudkan mekanisme kerja yang trasparan dan bertanggung jawab. By R. Basuki, MH

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cilacap
Jl. Dr. Rajiman No. 25 B, Cilacap Utara
Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Kode Pos : 53223

Telp : (0282) 533455
Fax : (0282) 533455
Email : pacilacap.401086@gmail.com