logo

Pengawasan Reguler Dan Asistensi Zona Integritas Dari Tim Hawasda PTA Semarang

 

 

 

            Pada hari Senin – Rebu tanggal 25 - 27 Maret 2019 , di Pengadilan Agama Cilacap telah diaksanakan Pengawasan Reguler dan Asistensi  implementasi Zona Intregritas menuju WBK dan WBM, TIM dipimpin oleh Bpk. H. Sarwohadi, SH., M.H,(Hakim Tinggi ) dengan anggota Bpk. Drs. Kurniawan Effendi Putra, SH dan Ibu Zulfa Ulin Nuha, S.Kom.

            Kehadiran Tim Pengawasan diterima oleh Wakil Ketua  Bpk. Drs. H. Ali Imron, SH), Panitera dan Sekrtaris PA. Cilacap, selama tiga hari Tim telah mengadakan Pengawasan di  bagian Kepaniteraan meliputi Penerimaan perkara hingga Perkara di Putus, Percepatan penyelesaian perkara dan Publikasi  putusan dalam SIPP , Register Electronik dan Kearsipan, sedang dibagian Sekretariatan, meliputi Disiplin Kerja Absensi, SIKEP, SIMPEG dan tata persuratan;

            Selain Pengawasan Ketua TIM Bpk. H. Sarwohadi, SH., M.H, juga mengadakan Pembinaan Khusus  di ruang Ketua kepada para hakim, Penitera Pengganti dan Admin, untuk menyatukan persepsi bagaimana tehnis percepatan Pembuatan berita Acara Persidangan dan pembuatan Putusan agar dapat segerah di uplaod di SIPP. Sesuai Program one day one minut dan ane day one Publish sesuai dengan Prgram Dirjen Badilag MA. Selanjutnya juga dibuka kesempatan tanya jawab dengan peserta, dan kebanyakan yang ditanyakan adalah kurangnya SDM baik itu jumlah hakim dan Panitera Pengganti, karena untuk perkara di Cilacap pertahun rata 6525 perkara, sedangkan jumlah hakim 16 dengan Wakil Ketua, Ketua Kosong, Panitera pengganti hanya 4 orang, sehingga 1 Panitera Pengganti seminggu mendampingi sidang dua majelis yang rata- setiap majelis 30 s/d 40 perkara, dan mohon agar diperhatikan penambahan SDM di Cilacap.

            Dalam asistensi Zona Intergritas Tim telah mengadakan telaah Dokumen  ZI dan hasil Asessoir Internal dengan Indek komulasi, 82 Persen; dan agar dilengkapi Eviden-eviden yang belum ada untuk mencapai nilai yang maksimal;

            Pengawasan diakhiri dengan expose di ruang sidang Utama dihadiri oleh seluruh Pegawai Pengadilan, dan dari masim-masing tim menyampaikan pesan dan kesan serta apresiasi terhadap kinerja Pegawai Pengadilan Agama Cilacap yang luar biasa; dan ketua Tim dalam amanatnya agar seluruh komponen menjaga kekompakan dan Integritas moral dan percepatan Kinerja untuk tetap dapat memberikan pelayanan PRIMA kepada masyarakat Pencari Keadilan di PA. Cilacap. Expose diakiri dengan penanda tanganan dan penyerahan dokumen hasil temeuan dari TIM untuk ditindak lanjuti oleh pejabat yang terkait, dan diakhir dengan foto bersama.

 

by R. Basuky

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cilacap
Jl. Dr. Rajiman No. 25 B, Cilacap Utara
Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Kode Pos : 53223

Telp : (0282) 533455
Fax : (0282) 533455
Email : pacilacap.401086@gmail.com