logo

Observasi Implementasi APM oleh Tim Assesor Eksternal

Dilihat: 86

 

Hari Rabu (10/11/2021) pada pukul 08.15 WIB Pengadilan Agama Cilacap kedatangan asesor eksternal Pengadilan Tinggi Agama Semarang dalam rangka melaksanakan obeservasi implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu. Tim Assesor dipimpin oleh Panitera Pengadilan Tinggi Agama Semarang Bapak  H. Ma'sum Umar, S.H., M.H. selaku lead assesor.

 

Kedatangan para asesor yaitu untuk melihat sejauh mana pelaksanaan akreditasi penjaminan mutu di Pengadilan Agama Cilacap. Para asesor melaksanakan asesment dengan melaksanakan wawancara kepada para pihak, baik itu masyarakat umum serta para advokat. Selain itu asesor juga mewawancarai petugas PTSP untuk mengetahui sejauh mana pemahaman para petugas dalam memberikan pelayanan beserta tata cara pedoman 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun). Di sisi lain asesor juga memeriksa sisi manajerial Pengadilan Agama Cilacap dalam hal pemenuhan sasaran mutu, penyelenggaraan risk register beserta monitoringnya, pelaksanaan survey kepuasan masyarakat dan berbagai hal lainnya.

 

Selanjutnya dalam ekspose hasil asesment yang diselenggarakan di hari yang sama pukul 14.00 WIB, para asesor memberikan apresiasi yang sangat positif kepada para aparatur Pengadilan Agama Cilacap. Mereka terkesan dengan sikap petugas satpam yang proaktif mengarahkan para pihak atas pelayanan yang hendak diinginkan serta menjaga protokol kesehatan dalam hal mencegah kerumunan dengan sangat baik. Para Petugas PTSP juga dipuji menguasai materi dan tak lupa memberikan salam saat awal melayani dan mengucapkan terimakasih setelah memberikan pelayanan. Dari sisi manajerial, terlepas ada beberapa kekurangan, asesor tidak menganggap itu sebagai kesalahan yang fatal. Meski demikian ada beberapa permintaan perbaikan atas beberapa ketidaksesuaian yang sedapat mungkin untuk diselesaikan. Laporan tindaklanjut itu agar dilaporkan secara formal kepada Ditjen Bada Peradilan Agama, beserta tindaklanjut evaluasi telusur dokumen yang sebelumnya telah dilaksanakan melalui aplikasi PMPAPM.

 

 

 

 

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Cilacap
Jl. Dr. Rajiman No. 25 B, Cilacap Utara
Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Kode Pos : 53235

Telp : (0282) 533455
Fax : (0282) 533455
Email : pacilacap.401086@gmail.com